Sejarah Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung

Kantor Imigrasi Kelas I Bandung sebagai salah satu Kantor Imigrasi yang berada pada pusat wilayah ibu kota provinsi Jawa Barat merupakan salah satu faktor penting dalam pelaksanaan pelayanan dan pengawasan Keimigrasian di wilayah Kota Bandung. Kantor Imigrasi Kelas I Bandung didirikan tahun 1952 bertempat di Jalan Dago Bandung kemudian mengalami beberapa kali pemindahan lokasi kantor. Dari Jalan Dago pindah ke Jalan Merdeka (sekarang Bandung Indah Plasa) kemudian pindah lokasi ke Jalan Dalem Kaum tepatnya di Pendopo Bandung kemudian pindah ke Jalan Diponegoro No. 34 Bandung dan terakhir pindah ke Jalan Surapati No. 82 Bandung diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Kehakiman Bpk.SOEHENDRO HENDARSIN, SH. pada tanggal 19 Maret 1983.

Gedung Kantor Imigrasi kelas I Bandung dengan alamat Jalan Surapati No. 82 Bandung di bangun berdasarkan DIP No.32/xiii/3/1981 tanggal 16 Maret 1981. Luas Tanah keseluruhan  2.822 M2, Luas Bangunan 1.578 M2, di belakang Gedung Kantor Imigrasi Kelas I Bandung telah dibangun pula Karantina dengan luas bangunan 200 M2 serta Gedung Aula dengan luas Bangunan 304 M2.

Kantor Imigrasi Kelas I Bandung merupakan salah satu unit pelaksana teknis dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat.

Wilayah Kerja sesuai SK Menteri Kehakiman Nomor : M.03.pr.07.04 Tahun 1991 tanggal 19 April 1991 meliputi 7 (tujuh) Kabupaten dan 1 (satu) Kotamadya terdiri dari :

  1. Kota Bandung
  2. Kab. Bandung
  3. Subang
  4. Cimahi
  5. Bandung Barat
  6. Sumedang
  7. Garut
  8. Tasikmalaya

Namum dengan dibukanya beberapa Kantor Imigrasi baru dalam lingkungan Kantor Wilayah Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat sesuai dengan Surat keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI No.M.05-PR.07.04 Tahun 2002 tanggal, 25 September 2002 , maka wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Bandung berkurang menjadi

  1. Kota Bandung
  2. Kabupaten Bandung
  3. Kabupaten Subang
  4. Kota Cimahi
  5. Kabupaten Bandung Barat
  6. Kabupaten Sumedang

VISI
“ MASYARAKAT MEMPEROLEH KEPASTIAN HUKUM ”

MISI
“ MELINDUNGI HAK ASASI MANUSIA “

MOTTO
“ MELAYANI DENGAN TULUS “

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Kantor Imigrasi Klas I Bandung telah menyusun rencana yang tertuang dalam Visi dan Misi Kantor Imigrasi Klas I Bandung. Visi berkaitan dengan pandangan kedepan menyangkut Kantor Imigrasi Kelas I Bandung dalam melayani masyarakat agar dapat berkarya secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif, transparan serta produktif untuk mencapai tujuan.

Visi dari Kantor Imigrasi Kelas I Bandung itu sendiri adalah Menjadikan    Insan    Imigrasi    yang    profesional,    berwibawa    dan berwawasan  global, sehingga terwujud pelayanan prima dibidang keimigrasian bagi masyarakat di Kantor  Imigrasi Klas I Bandung.

JANJI LAYANAN

  1. Kepastian Persyaratan
  2. Kepastian Biaya
  3. Kepastian Waktu Penyelesaian

Sebagai upaya untuk mencapai Visi diatas, maka ditetapkan Misi Kantor Imigrasi Klas I Bandung, yaitu :

  1. Melaksanakan Pelayanan yang cepat
  2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia
  3. Memberikan kemudahan yang berkualitas dalam pelayanan terhadap masyarakat
  4. Mengembangkan Sistem Informasi Keimigrasian
  5. Melaksanakan pengawasan dan pemantauan orang asing dalam kerangka mengamankan serta menunjang pembangunan nasional