Dua WNA di Bandung Terancam Dideportasi

Bandung – Dua orang warga negara asing (WNA) terancam dideportasi. WNA asal India dan China itu kedapatan memakai dokumen yang tak sesuai saat bekerja.

Keduanya diamankan tim Kantor Imigrasi Bandung di dua tempat berbeda pada Kamis (16/11) lalu. WNA India berinisial DB (42) diamankan di sebuah perusahaan berlian di kawasan Dago, Bandung. Sementara WNA China berinisial OZ (50) yang berprofesi guru diamankan di sebuah sekolah internasional di Dago.

“Kemarin kita memang melakukan kegiatan pengawasan. Hasilnya ada dua orang WNA menggunakan dokumen yang tidak sesuai aturan,” ucap Kepala kantor Imigrasi Bandung Sri Warnati di kantor Imigrasi Bandung, Jalan Suci, Kota Bandung, Jumat (17/11/2017).

Kedua WNA tersebut memiliki masalah yang berbeda. DB menggunakan dokumen yang salah saat bekerja. Sementara OZ dokumennya melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Keduanya saat ini masih diperiksa Kantor Imigrasi Bandung. Tindakan deportasi akan diberikan apabila keduanya terbukti menyalahi aturan.

“Masih dalami dahulu, masih diduga salah menggunakan izin. Tapi kalau terbukti dengan kesengajaan akan dipulangkan ke negaranya, kalau tidak terbukti membayar denda,” katanya.

Dengan adanya temuan ini, Sri mengingatkan kepada seluruh perusahaan di Bandung atau di Jawa Barat yang mempekerjakan orang asing agar dengan rutin mengecek dokumen pegawainya. Sebab, permasalahan dokumen ini menjadi tanggung jawab perusahaan.

“Memang ada indikasi kelalaian dari perusahaan. Untuk orang asing yang bekerja ini tentunya tanggung jawab dari pemakai atau perusahaan. Sehingga ada kewajiban memberikan keterangan, melaporkan dan mengurus semua dokumen,” katanya.
(avi/avi)