Baseline Survei Pengelolaan Pengaduan pada Kantor Imigrasi Kelas I Bandung

BANDUNG (12/11), Aula Soepomo Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung. Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengadakan kegiatan Baseline Survei Pengelolaan Pengaduan.

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Bpk. M. Wahyudin,S.E dan dihadiri oleh Kepala Bagian Humas Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerjasama, Ibu Ria Wijayanti Estiko, S.H., M.M, dan Kepala Sub Bagian Penyusunan Pelaporan, Humas dan Teknologi Informasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Bapak Yayan Achmad Sufyani, S.H., M.H.

Dalam pertemuan tersebut, Biro Humas Kementerian Hukum dan HAM bersama dengan B_Trust selaku pengembang program ” Penguatan Penerapan LAPOR SP4N pada 5 (lima) Kementerian dan 24 (dua puluh empat) Pemerintah Daerah” yang didukung oleh USAID CEGAH bekerjasama dengan TIM SP4N (Kementerian PAN & RB, Kantor Staf Kepresidenan dan Ombudsman Republik Indonesia) menjelaskan tentang E- LAPOR yang sudah dijalankan di Kementerian Hukum dan HAM beserta SOP Pengaduan pada E-Lapor tersebut. Pada pertemuan ini juga membahas mengenai beberapa hal yaitu :

  1. Struktur Organisasi Kelembagaan;
  2. SOP terkait Pengaduan;
  3. Standar Pelayanan Pengaduan;
  4. Rekapitulasi Pengaduan selama tahun 2018 melalui Aplikasi LAPOR maupun kanal aduan internal Instansi pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung.

Di akhir kegiatan ini diharapkan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung dapat turut serta mendukung Pelaksanaan Program tersebut di atas dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung bersedia menjadi salah satu kandidat pilot pembentukan/ pengembangan Unit Pengelola Pengaduan (UPP) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.